Telat itu Berkah (dimarahi)

Rutinitas yang tiap pagi saya lakukan sebagai seorang karyawan sungguh menjemukan. Mungkin ini jugalah alasan kenapa sekarang banyak dari kaum muda lebih memilih untuk menjadi wirausahawan dari pada menjadi pegawai atau karyawan, apalagi jika status karyawannya outsorcing. Sedangkan jika mereka menjadi wirausahawan justru mereka tidak merasakan ribetnya melakukan rutinitas monoton tiap pagi di hari kerja, meski sebenarnya jika ingin sukses tetap harus memulai sesuatu dari pagi hari, tapi tetep aja tidak akan seribet saya saban pagi.
Nah, karena saya adalah bagian dari karyawan (lebih tepatnya buruh berpakaian rapi), maka termasuklah saya dalam garis manusia-manusia yang tiap pagi selalu sibuk melakukan hal monoton dari mulai menyetrika baju, menyemir sepatu, antri di kamar mandi dan pastinya kebut-kebutan di jalan, nyalip kiri-kanan biar nggak telat masuk kantor. Dan inilah rutinitas pagi saya. Menjemukan!
Sebenarnya ceritanya bakal lain jika saya memiliki pembantu atau istri, tapi karena saya masih bujang, belum memiliki istri, jadi saya kerjakan semua rutinitas sendiri. Nyokap saya? Nyokap sibuk tiap pagi. Untungnya saya udah terbiasa ngurus semua keperluan saya sejak tamat SD sewaktu sekolah di pesantren, tapi bukan lantas saya gampang mekakukan itu semua tiap pagi? Nggak. Saya malah stress,  mulai dari masalah celana yang kadang belum kering, atau celana yang masih dijemuran atau udah di kerangjang cucian bersih tapi digulung dan disimpan paling bawah, dan saya akan pusing bolak balik jemuran, nanya nyokap dan ade-ade saya, siapa yang ngambil celana saya dari jemuran. Kalo sudah seperti itu, maka dipastikan 80% saya bakal telat.
Jika sudah seperti itu, maka jangan harap hasil strikaan saya bakal rapi. Masih agak lumayan sih dari pada nggak disetrika sama sekali, tapi tetep aja lipatan kecil di punggung baju atau lengannya masih ada. Atau kalau sudah males nyetrika, saya lebih rela ngeluarin duit buat nyogok ade saya buat strikaain. Yah, ade saya emang agak (sangat) memiliki otak yang jenius jika mendengar sesuatu yang ujung-ujungnya duit. Signal rupiah yang ada di belakang telinganya akan cepat menangkap hal-hal yang berpotensi menghasilkan duit. He he he.
Sementara itu jika baju atau celana saya distrika, saya ngerjain yang lain, seperti nyemir sepatu atau ngisi perut saya dengan makanan yang ada di atas meja. Saya memang tipe orang yang nggak bisa ngapa-ngapain tanpa sarapan pagi. Yang nggak bagusnya adalah sarapan saya harus makanan berat, nggak mempan kalau cuma makanan ringan apalagi jika hanya segelas teh manis, kopi atau susu.
Selesai semuanya sebelum berangkat, saya biasa melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Misal, sambil rapiin rambut, kaki saya juga berusaha memasang sepatu tanpa bantuan tangan, selain itu saya juga pasti sudah manasin mesin motor biar langsung cabut ntar. Simple, tapi tetep aja saya telat.

0 Comments:

Post a Comment